Dosen di STKIP PGRI Situbondo dituntut untuk melaksnakan tri dharma dosen salah satunya adalah penelitian. Penelitian adalah proses sistematik untuk memperoleh pengetahuan baru, memperluas pemahaman, atau memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengumpulkan data yang relevan, menganalisisnya, dan menghasilkan temuan yang dapat disampaikan kepada masyarakat ilmiah atau digunakan untuk memperbaiki kondisi atau pemahaman tertentu.
Penelitian biasanya melibatkan langkah-langkah sebagai berikut:
Menentukan topik penelitian: Memilih area tertentu yang ingin diteliti dan merumuskan pertanyaan penelitian yang spesifik.
Merencanakan penelitian: Merancang kerangka metodologi penelitian yang meliputi desain penelitian, populasi atau sampel yang akan diteliti, teknik pengumpulan data, dan analisis yang akan digunakan.
Pengumpulan data: Melakukan pengumpulan data dengan menggunakan berbagai metode seperti observasi, wawancara, kuesioner, atau eksperimen.
Analisis data: Menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan teknik statistik atau metode analisis lainnya untuk mencari pola, hubungan, atau temuan yang relevan.
Interpretasi dan kesimpulan: Menginterpretasikan hasil analisis data dan menyusun kesimpulan berdasarkan temuan yang ditemukan.
Pelaporan hasil: Menyampaikan temuan penelitian melalui publikasi ilmiah, presentasi di konferensi, laporan penelitian, atau melalui media lainnya untuk membagikan pengetahuan baru kepada masyarakat ilmiah dan masyarakat umum.
Penelitian dapat dilakukan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, teknik, dan banyak lagi. Tujuan utama dari penelitian adalah untuk menghasilkan pengetahuan baru, memperluas pemahaman kita tentang dunia, dan memberikan dasar untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi.
Berikut Link Google Schoolar Saya : https://scholar.google.com/citations?user=BXN621sAAAAJ&hl=id
Berikut Pula beberapa Penelitian yang sudah saya lakukan :
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pemberian Tugas Kelompok dan Tugas Individu Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 6 Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018.
S Tefa, D Idayani, T Astindari
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 6 (1), 23-33
Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Nurul Huda Kapongan SitubondoL Syamsiyah, D Dassucik, T Astindari
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 8 (2), 293-304
PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS VII DI MTs MIFTAHUL HIDAYAH GAYAM LOR BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022F Firmansyah, D Dassucik, T Astindari
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 10 (2), 381-391
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MA Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2020/2021I Muhzemmil, M Surur, T Astindari
Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (2), 2721-2728
Pengaruh Pembelajaran E-Learning Menggunakan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar SiswaMY Hidayat, F Jaya, T Astindari
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 8 (2), 285-292
PENINGKATAN KREATIVITAS MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN POLA DASAR BAJU DI DESA KEDUNGDOWOD Dassucik, D Yuliana, S Sahwari, AH Rasyidi, T Astindari, A Agusti
J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2 (5), 4873-4880
Pelatihan Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Online Dalam Kegiatan Online Shop (OLSHOP) Siswa-Siswi MA Sarji AR-RasyidD Yuliana, I Noervadila, T Astindari, AA Suparto
J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1 (1), 11-20
Pengaruh software Geogebra terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Fungsi Kuadrat kelas X MA Sarji Ar-Rasyid SitubondoI Irmawati, LDK Sari, T Astindari
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 7 (2), 108-112
12020PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 PANJIY Puspitasari, I Noervadila, T Astindari, S Sahwari
Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (2), 41-53
PEMANFAATAN MEDIA (POWER POINT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK MANUSIA SEBAGAI MAHLUK SOSIAL DAN EKONOMI …T Astindari
Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 4 (1), 1-9
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII MTS RAUDLATUT THALIBINT Astindari, I Noervadila, N Hasanah
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 11 (1), 129-142
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN TRIK DAN TIPS CARA MUDAH BELAJAR MATEMATIKAN Hasanah, T Astindari, I Noervadila
Journal of Community Empowerment and Innovation 2 (2), 74-80
ANALISIS KEBIJAKAN PROMOSI KEPADA PERUSAHAAN PERCETAKAN ANDRE MANDIRI (AM) SITUBONDOI Noervadila, D Yulina, T Astindari, M Balqis, K Khozaima
Jurnal Pengabdian Mandiri 2 (3), 923-926
PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU MA SARJI AR RASYID UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURUD Dassucik, AH Rasyidi, T Astindari, S Rohmah
J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2 (9), 6577-6582
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UMKM BATIK TULIS DI BATIK MAULANA SITUBONDOT Astindari, I Noervadila, D Yuliana
Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH STATISTIK DASART Astindari, I Noervadila
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 12 (2), 155-166
PENGELOLAAN POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PENDIDIKAN DAN MINAT MEMBACA MAHASISWAD Dassucik, AH Rasyidi, T Astindari, J Harisantoso, I Noevadila
J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2 (5), 5139-5144
2022Pengaruh Ice Breaking Dan Mathmagic Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA 1 Di MAN 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022T Astindari, Y Puspitasari, N Tuljannah
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4 (3), 2318-2323
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR (PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK TAHSINUL AKHLAQ SEMESTER GANJIL)T Astindari
Consilium: Education and Counseling Journal 2 (1), 128-145
SOSIALISASI PENCEGAHAN INFEKSI COVID-19 UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN KRAJAN RT. 04 RW. 05 KELURAHAN DAWUHANT Astindari, D Yuliana, I Noervadila, S Sahwari
Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021
PROBLEMATIKA SISWA SMK NURUL HUDA KAPONGAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19BT Nugraha, D Dassucik, T Astindari
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 8 (1), 123-131
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMKN 2 SITUBONDOT Astindari
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 9 (1), 414-428
STRENGTHENING THE CAPABILITY OF STUDENTS IN DEVELOPING ENVIRONMENTAL ETHICS-BASED COVID-19 PREVENTION SYSTEMS IN Pesantren THROUGH ASSISTANCE PROGRAMSTRENGTHENING THE …S seituni Acik, AH Rasyidi, LDK Sari, T Astindari
IJCDE (Indonesian Journal of Community Diversity and Engagement) 2 (1), 48-57
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA POKOK BAHASAN PELUANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDOTAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN …T Astindari, I Suryanti
Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 7 (2), 165-186
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019T Astindari, I Noervadila
EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 6 (2), 15-24
PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 1 KENDIT TAHUN PELAJARAN 2017/2018T Astindari, A Fauzi
Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 6 (1), 12-22
KINERJA KEUANGAN (KPRI) KARYA SEJAHTERA KECAMATAN KLABANG KABUPATEN BONDOWOSO JIKA DILIHAT RASIO KEUANGANNYA BERDASARKAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA TAHUN 2013 SAMPAI TAHUN 2017T Astindari
Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 5 (1), 1-8
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MATA PELAJARAN IPS DENGAN KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBER DAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA …T Astindari
Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 2 (1), 15-19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar